Selasa, 31 Mei 2016

Sejarah dan Perkembangan SEO

Sejarah dan Perkembangan SEO, istilah Search Engine Optimization/SEO pertama kali dikemukakan karena muncul vitus spam yang telah menyusup ke Usenet. Pada waktu itu, dunia internet belum memilii sistem search engine atau mesin pencari yang canggih seperti saat ini, sehingga mudah dimanipulasi oleh para hacker.
Oleh karena itu, banyak para programmer yang berlomba-lomba untuk membuat algoritma sistem pencarian data, yang didasarkan sepenuhnya pada informasi meta tag dari kode html sebuah situs website. Meta tag menyediakan informasi tentang konten atau isi dalam suatu halaman web, dengan serangkaian kata kunci atau keyword.
Namun, ada beberapa programmer yang melakukan tindakan ilegal, dengan menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga situs mesin pencari salah menempatkan peringkat pada situs tersebut. Selanjutnya menimbulkan kerugian, baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapan hasil yang relevan.
Seiring dengan berjalannya waktu, 2 orang pendiri Google yang bernama Larry Page dan Sergey Brin berusaha untuk membangun Backrub, yaitu sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk membuat peringkat sebuah halaman website, algoritma tersebut dinamakan PageRank
Algoritma PageRank
Mampu menjalankan fungsi matematika yang kompleks untuk mengitung jumlah link yang mengarah pada suatu halaman website, dengan menganalisa kualitas masing-masing link tersebut. Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998, Larry Page dan Sergey Brin mendirikan google yang merupakan versi tingkat lanjut dari backrub.
Dalam waktu yang singkat GOOGLE memperoleh reputasi yang tinggi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas, cepat dan  relevan. Selanjutnya PageRank menjadi standar, baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank tertinggi pada hasil pencarian.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar