Di indonesia kemajuan
teknologi sudah berkembang sangat pesat karena majunya sistem perekonomian di
bagian konsumsi barang-barang import dari luar negeri. Kemajuan teknologi juga
berkembang di bagian internet terutama di bagian social network. Masih ingatkah
anda dengan Social Network yang DULU sempat sangat booming di Indonesia ini?
Contohnya seperti friendster. Saat pertama kali friendster muncul di indonesia,
social network ini sangat terkenal karena banyak orang bisa berkomunikasi
dengan tampilan yang menarik dan sistem yang up to date.
Memang Friendster
merupakan media digital, social-networking, tetapi sudah lama ditinggalkan
orang dan tidak disentuh masyarakat. Secara produksi dan distribusi, Frendster
bisa dikatakan New-Media, tetapi secara waktu dan manfaat, kini Friendster
sudah dilupakan orang karena sekarang sudah banyak bermunculan social
networking baru seperti facebook, twitter, google plus, maupun kaskus. Di bawah
ini ada beberapa penjelasan tentang social network yang booming di indonesia.
Facebook (atau facebook)
adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada
Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari
2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif.Pengguna dapat
membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar
pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.
Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan
tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau
karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan
kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di
AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook
memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar
di situs ini.
Twitter adalah sebuah
situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan
jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk
mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks
tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna.
Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman
pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis
lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.
Sejak dibentuk pada tahun
2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia
dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang
digambarkan sebagai “SMS dari internet”.
Google+ adalah jejaring
sosial baru yang diluncurkan oleh raksasa internet, google. Tentu saja hal ini
dilakukan untuk mengikis dominasi Facebook yang sangat berjaya di dunia
jejaring sosial dalam beberapa tahun ini. Google plus sebenarnya adalah usaha
kesekian google untuk melawan facebook setelah sebelumnya mencoba menelurkan
google wave, google buzz dan orgut namun hal tersebut sepertinya sia-sia karena
respon pengguna internet sangat minim dan nampaknya masih lebih setia
menggunakan facebook daripada produk-produk google tersebut.
Di indonesia seperti
twitter, facebook dan google plus sangat banyak pengguna atau user yang dapat
mengaksesnya kapan saja. Ini disimpulkan bahwa kemajuan new media di indonesia
terutama di bidang social networking saat pesat kemajuannya. Tetapi dalam
bidang user atau pengguna bukan penciptanya, meskipun sudah banyak orang
indonesia yang membuat seperti contohnya kaskus dan yahoo koprol.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar