Selasa, 31 Mei 2016

Pengertian Search Engine

Apa itu search engine.Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www,publikasi milis,ftp, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah server komputer dalam suatu jaringan. Search engine atau mesin pencari merupakan seperangkat alat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia.
Hasil pencarian dari mesin pencari umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang diurutkan menurut tingkat akurasi dan relevansinya ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Di atas adalah pengertian sear engine wikipedia

Cara kerja mesin pencari
Apakah anda tau bagaimana cara kerja mesin pencari.Dan bagaimana dalam waktu yang singkat sebuah mesin pencari mampu mengumpulkan jutaan informasi dari berbagai situs web yang ada di dunia.Berikut adalah ilustrasi cara kerja search engine.
Search engine bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW.( world wide web ) Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala/link yang dilihatnya.Setelah semua link yang di temuka di telusuri maka Isi setiap halaman kemudian dianalisis untuk menentukan cara indeks-nya
Contohnya adalah kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag. Data tentang halaman web yang terkumpul disimpan dalam sebuah database indeks untuk kemudian digunakan dalam pencarian selanjutnya.
Sebagian search engine , seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber yang disebut cache maupun informasi tentang halaman web itu sendiri di dalan cache browcer
Selain halaman web, Mesin pencari juga menyimpan dan memberikan informasi hasil pencarian berupa pranala yang merujuk pada file, seperti file audio, file video, gambar, foto dan sebagainya, serta informasi tentang seseorang, suatu produk, layanan, dan informasi beragam lainnya yang semakin terus berkembang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.
Ketika seseorang mengunjungi mesin pencari dan memasukkan query, biasanya dengan memasukkan kata kunci, mesin mencari indeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan kriterianya, biasanya disertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan kadang-kadang sebagian teksnya.
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar