Selasa, 31 Mei 2016

Prinsip kerja search engine

Setelah sebelumnya ada mengetahui pengertian dari search engne Berikut kita akan membahas  beberapa istilah dari sistem kerja mesin pencari yang perlu anda ketahui di antaranya adalah
1.Spider
Spider adalah program yang men-download halaman-halaman yang mereka temukan, mirip dengan browser. Perbedannya adalah bahwa browser menapilkan secara langsung informasi yang ada baik yang berupa teks, gambar,file,video dll Untuk kepentingan manusia yang menggunakannya pada saat itu,
Spider sendiri tidak melakukan untuk menampilkan dalam bentuk yang terlihat seperti itu, karena kepentingannya adalah untuk mesin, bukan untuk manusia, Robot spider dijalankan oleh mesin secara otomatis. Kepentingannya adalah untuk mengambil halaman-halaman yang dikunjunginya dan disimpan kedalam database yang dimiliki oleh search engine.

2.Crawler
Crawler adalah M program yang dimiliki mesin pencari untuk melacak dan menemukan link yang terdapat dari setiap halaman yang ditemuinya. Tugasnya Crawler adalah untuk menentukan spider harus pergi kemana dan mengevaluasi link berdasarkan alamat yang ditentukan dari awal. Crawler mengikuti link dan mencoba menemukan dokumen yang belum dikenal oleh search engine.

3.Indexer
indexer merupakan Komponen yang melakukan aktivitas untuk menguraikan masing-masing halaman dan meneliti berbagai unsur, seperti teks, headers, struktur atau fitur dari gaya penulisan, tag HTML khusus, dan lainnya.

4.Database
Database adalah tempat standar untuk menyimpan data-data dari halaman yang telah dikunjungi, di-download dan sudah dianalisis. terkadang disebut juga dengan index dari suatu search engine.

5.Result Engine
Result Engine adalah Mesin yang melakukan penggolongan dan penentuan peringkat dari hasil pencarian pada search engine. Mesin ini menentukan halaman mana yang menemui kriteria terbaik dari hasil pencarian berdasarkan permintaan penggunanya, dan bagaimana bentuk penampulan yang akan ditampilkan.
Proses result engine ini dilaksanakan berdasarkan algoritma perangkingan yang dimiliki oleh mesin pencari tersebut,Para peneliti mempelajari sifat-sifat yang mereka gunakan, terutama untuk meningkatkan pencarian yang dihasilkan oleh serach engine tersebut.

6.Web Server
Web Server adalah komponen yang melayani permintaan dan memberikan respon balik dari permintaan tersebut. Web Server ini menghasilkan informasi atau dokumen dalam format HTML. Pada halaman tersebut tersedia layanan untuk mengisikan kata kunci pencarian yang diinginkan oleh usernya. Web Server juga bertanggung jawab dalam menyampaikan hasil pencarian yang dikirimkan kepada komputer yang meminta informasi.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar