Selasa, 31 Mei 2016

Manfaat Internal Link di Dalam Website/Blog

1. Meningkatkan penggunaan dan pengalaman pengunjung di situs Anda
Internal link bisa membuat pengunjung kita berlama-lama di website/blog Anda dan membuka halaman-halaman yang lain di website/blog tersebut. Membuat pengunjung berah di blog anda akan menurunkan tingkat bouce rate (rasio pentalan) website Anda, dan ini sangat penting sekali karena Google memperhitungkan tingkat bouce rate dalam menentukan apakah blog anda memilii konten unik, berkualitas atau tidak. Jika pengunjung terlalu cepat meninggalkan blog Anda, Google bisa menganggap bahwa blog tersebut tidak memberika manfaar bagi pembacanya, dan ini bisa berkaitan turunnya peringkat blog Anda pada mesin pencari Google.

2. Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization)
Anda bisa membuat internal link dengan menggunakan kata kunci "baju batik" dari postingan yang membahas tentang baju batik, ragam baju batik, khas baju batik, dsb. Postingan Anda yang lain menawarkan harga baju batik dengan harga yang murah. Ini akan membuat Search Engine untuk memahami isi dari konten website/blog Anda secara keseluruhan.
Membuat internal link ke halaman lain dengan kata kunci yang tepat merupakan cara yang sangat efektif sekali untuk meningkatkan optimasi SEO kita pada postingan Anda. Mempostingkan dengan banyak konten dengan internal link tentunya akan lebih baik daripada membiarkan halaman post tersebut tidak ada link ke halaman post Anda yang lain.

3.  Meningkatkan kualitas konten di dalam website/blog Anda
Konten yang berkualitas sangat disukai oleh Google, agar konten tersebut mendapatkan posisi yang baik di halaman pertama (page one). Beberapa konten mungkin saja akan tenggelam dan semakin sulit ditemukan oleh pengunjung website Anda karena banyaknya konten yang baru atau pada website/blog yang lain membuat konten judul yang sama dan isi dari konten tersebut lebih berkualitas dari pada punya Anda.
Jika Anda memiliki sebuah halaman konten yang ingin Anda perlihatkan pada pengunjung blog anda, namun ternyata halaman tersebut tidak sepopuler halaman lainnya, maka Anda bisa menambahkan link internal untuk menuju halaman tersebut agar pengunjung betah pada blog Anda dan akan mendapatkan traffic blog juga lumayan banyak.
Ketika membuat internal link :
Buat internal link sewajarnya, jangan terlalu banyak (kalau saya biasanya 2-3)
Buat internal link ke halaman yang terkait
Gunakan anchor text yang berfariasi dan sesuai dengan halaman yang dituju
Lakukan internal link dengan teratur pada konten Anda.

Catatan : Kita wajib membuat internal link, agar pengunjung betah pada website/blog kita, dan mendapatkan traffic yang lebih banyak lagi, dan juga website/blog yang kita miliki mendapatkan rank lebih baik oleh Google & Alexa.
Sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar