1. Meningkatkan penggunaan dan pengalaman pengunjung
di situs Anda
Internal link bisa
membuat pengunjung kita berlama-lama di website/blog Anda dan membuka
halaman-halaman yang lain di website/blog tersebut. Membuat pengunjung berah di
blog anda akan menurunkan tingkat bouce rate (rasio pentalan) website Anda, dan
ini sangat penting sekali karena Google memperhitungkan tingkat bouce rate
dalam menentukan apakah blog anda memilii konten unik, berkualitas atau tidak.
Jika pengunjung terlalu cepat meninggalkan blog Anda, Google bisa menganggap
bahwa blog tersebut tidak memberika manfaar bagi pembacanya, dan ini bisa
berkaitan turunnya peringkat blog Anda pada mesin pencari Google.
2. Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization)
Anda bisa membuat
internal link dengan menggunakan kata kunci "baju batik" dari
postingan yang membahas tentang baju batik, ragam baju batik, khas baju batik,
dsb. Postingan Anda yang lain menawarkan harga baju batik dengan harga yang
murah. Ini akan membuat Search Engine untuk memahami isi dari konten website/blog
Anda secara keseluruhan.
Membuat internal link ke
halaman lain dengan kata kunci yang tepat merupakan cara yang sangat efektif
sekali untuk meningkatkan optimasi SEO kita pada postingan Anda. Mempostingkan
dengan banyak konten dengan internal link tentunya akan lebih baik daripada
membiarkan halaman post tersebut tidak ada link ke halaman post Anda yang lain.
3. Meningkatkan
kualitas konten di dalam website/blog Anda
Konten yang berkualitas
sangat disukai oleh Google, agar konten tersebut mendapatkan posisi yang baik
di halaman pertama (page one). Beberapa konten mungkin saja akan tenggelam dan
semakin sulit ditemukan oleh pengunjung website Anda karena banyaknya konten
yang baru atau pada website/blog yang lain membuat konten judul yang sama dan
isi dari konten tersebut lebih berkualitas dari pada punya Anda.
Jika Anda memiliki sebuah
halaman konten yang ingin Anda perlihatkan pada pengunjung blog anda, namun
ternyata halaman tersebut tidak sepopuler halaman lainnya, maka Anda bisa
menambahkan link internal untuk menuju halaman tersebut agar pengunjung betah
pada blog Anda dan akan mendapatkan traffic blog juga lumayan banyak.
Ketika membuat internal link :
Buat internal link sewajarnya, jangan terlalu banyak
(kalau saya biasanya 2-3)
Buat internal link ke halaman yang terkait
Gunakan anchor text yang berfariasi dan sesuai dengan
halaman yang dituju
Lakukan internal link dengan teratur pada konten Anda.
Catatan : Kita wajib
membuat internal link, agar pengunjung betah pada website/blog kita, dan
mendapatkan traffic yang lebih banyak lagi, dan juga website/blog yang kita
miliki mendapatkan rank lebih baik oleh Google & Alexa.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar