Selasa, 31 Mei 2016

Jenis-Jenis Search Engine

Jenis-Jenis Search Engine didasarkan pada cara atau teknik mengoleksi/mengumpulkan data dari halaman situs web, mesin pencari dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis search engine:

1. Human Organized Search Engine
Jenis Search engine yang di kelola secara manual dalam artian jenis search engine ini adalah sepenuhnya ditangani oleh manusia, penggunaan metode ini dengan menyortir informasi yang sesuai permintaan dari pengguna agar lebih relevan dan bermanfaat bagi pencari informasi.
Situs mesin pencari dengan metode ini memperkerjakan para ahli sesuai bidang keahlian untuk mengelompokkan situs web sesuai dengan bidangnya. Beberapa situs search engine yang mengunakan jenis search engine manual:
http://www.yahoo.com
http://www.looksmart.com

2. Computer Created Search Engine
Jenis Search Engine ini memiliki banyak kelebihan karena dapat menyajikan informasi yang banyak meskipun terkadang beberapa informasi yang tidak relevan dengan yang diinginkan pencari informasi. Jenis Search engine ini mengaplikasikan spider software atau software laba-laba untuk menyusupi situs web tertentu dan selanjutnya mengumpulkan data serta mengelompokkannya dengan sedikit bantuan secara manual, diantara situs yang menggunakan metode ini:
http://www.webcrawler.com
http://www.excite.com
http://www.inktomi.com
http://www.nothernlight.com

3. Hybrid Seacrh Engine
Jenis Search engine ini merupakan penggabungan secara manual dan komputerisasi, dengan demikian menghasilkan hasil pencarian lebih akurat. Peran manusia disini adalah sebagai penelaah dalam proses pengoleksian database halaman situs web. Diantara situs mesin pencari dengan metode ini :
http://www.lycos.com
http://www.altavista.com
http://www.hotbot.com
http://www.goto.com
http://www.snap.com
http://www.directthit.com
http://www.google.com
go.com

4. MetaCrawler/Metasearch
Jenis Search engine ini adalah perantara dari search engine yang sebenarnya. Mesin ini bekerja mengirimkan permintaan pencarian ke berbagai mesin pencari dan menampilkan banyal hasil pencarian dari berbagai mesin pencari yang ada. Situs serch engine dengan metode metasearch diantaranya:
http://www.dogpile.com
http://www.infind.com
http://www.snap.com

SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar