Minggu, 18 Juni 2017

Pengertian Game

Game Sequensial
pemain melakukan tindakan secara bergantian. Pemain berikutnya mengetahui (mungkin secara tidak utuh) tindakan yang diambil oleh pemain sebelumnya.
Game Simultan
pemain melakukan tindakan secara bersamaan. Pada saat mengambil tindakan, pemain yang terlibat tidak mengetahui tindakan yang dipilih oleh pemain lainnya. Dalam hal ini, jeda waktu pengambilan tindakan antara sesama pemain tidak berpengaruh terhadap pilihan yang diambil oleh pemain ybs.
Game dengan Informasi Sempurna dan Tidak Sempurna
Game dengan informasi sempurna: pemain mengetahui dengan pasti tindakan yang diambil oleh lawannya, sebelum ia memilih tindakan asumsi ini hanya dapat dipenuhi oleh game sekuensial.
Game dengan informasi tidak sempurna: pemain tidak mengetahui tindakan yang dipilih lawannya sebelum permainan berakhir.
Game Informasi Lengkap dan Tidak Lengkap
pemain mengetahui payoff lawannya, game dengan informasi tidak lengkap pemain tidak memiliki informasi lengkap tentang payoff lawannya.
Game Koperatif dan Non Koperatif
Game kooperatif: para pemain membuat komitmen yang mengikat (binding commitment) untuk meningkatkan outcome mereka.
Game nonkooperatif: para pemain tidak membuat komitmen yang mengikat.
Game Zero Zum Game dan Non Zero Sum Game
Zero-sum game: jumlah payoff dari setiap pemain sama dengan nol. Untuk game dengan 2 pemain, besar keuntungan di satu pihak sama dengan besar kerugian di pihak lain.
Non-zero-sum game: tidak demikian

Sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar