Pengertian Visibility merupakan tampilan grafik scene
game pada komputer. Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan
berkualitas sehingga user menikmati game tersebut.
Biasanya pada video game terdapat istilah scene 2.5D.
Sebenarnya istilah tersebut tidak berbeda jauh dari scene 2D (dua dimensi).
Hanya saja 2.5D memiliki beberapa fitur tambahan berupa efek cahaya, bayangan
dan sebagainya yang dibuat agar seakan-akan menyerupai scene 3D.
Biasanya gameplaynya memang mirip game 2D dimana kita hanya bisa
bergerak secara horizontal dan vertical namun beberapa gambarnya di render
secara 3D. Teori grafik 2.5D ini biasa juga disebut dengan pseudo-3D sedangkan
pada istilah game lebih dikenal dengan isometric/diametric/trimetric
projection.
Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:
· 3
Dimensi object/model
ini merupakan model/object 3D yang nantinya akan dijadikan sebagai
karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata, musuh, permukaan
tanah, pohon, dan bukit. Object 3D seperti ini bisa dibuat dengan menggunakan
program seperti 3DS Max, Maya, Hash, dan Blender.
· 2
Dimensi graphic
Gambar 2D juga berperan dalam membuat game ini yaitu sebagai
texture untuk object, sebagai latar belakang seperti langit dan
pemandangan, sebagai meteran untuk nyawa dan gambar untuk speedometer pada game
racing.
Kegunaan 2.5D dalam game adalah sebagai pengaturan gerakan seperti
golden axe, double dragon, path finding yang biasanya cukup sederhana. Hal ini
berguna untuk mengikuti posisi pemain dan agar game lebih 'hidup'. Pada video
game, biasanya scene 2.5D ini lebih digunakan dalam visualisasi geografis
(GVIS) untuk membantu memahami representasi visual spasial-kognitif atau
visualisasi 3D.
sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar