Minggu, 02 April 2017

Game Super Mario Bros

Sejarah
Sejarah Mario, Mario pertama kali muncul dalam game Donkey Kong. Pertama kali kemunculannya Mario belum memiliki nama panggilan, Mario hanya dipanggil dengan nama “Jumpman”. Tadinya Mario dipanggil dengan nama Mr. Video Game di Jepang. Nama Mario diberikan karena karakter Mario sangat mirip dengan pimpinan Nintendo Amerika yang berkebangsaan Italia bernama Mario Seagle. Shigeru Miyamoto sadar betul kalau nama-nama Jepang akan sulit diterima masyarakat umum dan akan mengurangi kepopuleran karakter buatannya di luar Jepang.
Penjelasan
Super Mario Bros. atau dikenal juga sebagai Mario, Super Mario atau SMB adalah suatu permainan platform yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo pada akhir 1985 untuk konsol Nintendo Entertainment System. Permainan ini membawa pengaruh yang besar pada perkembangan dunia hiburan rumahan dan merupakan salah satu permainan terlaris dengan penjualan lebih dari 40 juta salinan hingga saat ini. Dengan latar permainan yang cerah dan alur cerita yang berkembang, Super Mario Bros. berhasil mengubah wajah industri permainan video. Meskipun sering disalah persepsikan sebagai permainan platform bergulir (scrolling) pertama (yang pada kenyataannya paling tidak ada setengah lusin permainan serupa yang telah muncul sebelumnya), Super Mario Bros. bisa dianggap sebagai pelopor jenis permainan tersebut unruk media permainan konsol. Dengan menyuguhkan tingkat yang berbeda pada setiap babak serta perkembangan karakter yang unik, permainan ini menjadi salah satu standar dalam permainan video rumahan.
Pemain akan berperan sebagai Mario, seorang lelaki berkumis yang menggunakan pakaian overall merah dengan baju kecokelatan. Untuk moda dua pemain, permainan dilakukan secara berganti dengan kontrol kedua sebagai Luigi, adik Mario. Tampilan Luigi hampir sama dengan kakanya, namun berbeda warna dengan overall putih dan baju hijau. Tujuan permainan adalah menjelajahi Kerajaan Jamur, menghancurkan dan melawan prajurit Bowser, serta menyelamatkan Putri Toadstool di tingkat akhir.

Gameplay Game Super Mario Bross
Beberapa aturan dalam game super mario bros, adalah sebagai berikut :
  1. Permainan ini terdiri dari 8 tingkatan dengan 4 sub tingkat masing-masingnya.
  2. Musuh-musuh dalam permainan ini dihancurkan dengan menginjak sambil melompat.
  3. Selama dalam permainan, Mario akan mendapat koin dan bonus lain dengan menjedotkan balok bertanda tanya.
  4. Untuk menambah tenaga Mario, pemain harus mendapatkan jamur berwarna merah. Kekuatan Mario juga akan meningkat dan mampu melontarkan proyektil bila memperoleh bungan berapi.
  5. Awalnya pemain hanya diberi 3 kesempatan. Namun kesempatan akan bertambah bila pemain memperoleh jamur bewarna hijau yang biasanya tersebunyi pada tempat tertentu.

Skenario
Pada game ini pemain berperan sebagai Mario dan pemain kedua berperan sebagai kakak Mario yaitu Luigi. Tujuan utamanya dan menyelamatkan Princess Peach yang ditahan oleh Raja yang menyerupai buaya bernama Koppa. Mario memiliki kemampuan menghindar sekaligus mengalahkan musuhnya dengan cara melompat di atas musuh-musuhnya.
Musuh musuh Mario Bros pada game ini adalah jamur pengkhianat, yang dikenal sebagai Goombas, dan tentara kura-kura dikenal sebagai Koopa Troopas.Jika kita pada suatu waktu menemukan box atau kotak yang memiliki tanda tanya kita dapat menyundulnya. Saat kit a menyundulnya kita akan menemuan jamur ajaib(kadang kita juga mengartikannya sebgai baju ajaib). Mario juga dapat memperoleh 1-up melalui menemukan 1-up jamur dan dengan mengumpulkan 100 koin.
Mario memiliki beberapa kekuatan dan kelemahan.Mario bisa terluka jika ia menyentuh musuh. Jika dia mengambil pukulan dari musuh sebagai Super Mario atau Fiery Mario, ia hanya akan beralih ke reguler Mario biasa. Namun, jika ia mengambil hit seperti Mario biasa, jatuh ke lubang (tak peduli status), atau jika waktu habis jam, ia kehilangan kehidupan dan mulai lagi. Titik di mana Mario terus tergantung pada seberapa jauh ia berlari melalui tingkat sebelum mati: baik dari awal atau pada pos save yang tersembunyi. Tetapi pada pos ke -8 ,Tidak ada pos save . Mario dapat juga mengumpulkan bintang dan menjadi tak terkalahkan. Sementara Mario terkalahkan peduli pada sentuhan karakter musuh dan paling rintangan, ia akan tetap mati jika ia jatuh dalam lubang lava atau waktu habis.


Kelebihan :
  1. Game ini adalah game yang sangat menarik dimasanya.
  2. Transisi scolling stage yang begitu halus, layar dan background bergerak sesuai posisi Mario.
  3. Catchy tune yang mudah diingat dan benar-benar menyatu dengan gameplay.
  4. Gameplay dari super mario bros yang simple tapi benar-benar mengena.
  5. Kontrol cukup mudah dan responsive.
  6. Layar dan background bergerak sesuai posisi mario. game pada era itu pada umumnya mempunya single screen, sehingga gameplay pada umumnya berpindah screen, dan jika ada game yang memiliki screen scrolling yang sama dengan metode super mario bros, tidka ada yang memiliki transisi sehalus super mario bros, bahkan setelah bertahun-tahun game tersebut dirilis. hal ini mungkin terdengar sepele untuk standar saat ini, tapi pada masa itu, hal tersebut adalah aspek yang luar biasa.
  7. Smooth scrolling membuat keseluruhan game menjadi lebih baik dan tidak terlihat adanya slow down.

Kekurangan :
  1. Untuk game zaman sekarang tampilan masih kurang bagus.
  2. Gameplay terlalu simple untuk zaman sekarang.
  3. Kualitas suara yang kurang memadai untuk game zaman sekarang.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar