Pengertian Desain dan Permodelan Grafis
Desain
/ Design biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai
pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan,
baik sebagai kata benda maupun kata kerja.
Permodelan
merupakan rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan sesuatu objek,
sistem, atau konsep, yang seringkali menyerupai penyederhanaan atau idealisasi.
Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra
(gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis.
Grafis
Grafik atau Grafis identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf
maupun simbol.jadi dapat simpulkan bahwa desain dan permodelan grafis memiliki
arti bahwa suatu proses yang membuat / menciptakan sebuah objek berupa citra /
gambar yang menghasilkan sebuah informasi
, ilustrasi atau sebuah hiburan
yang dibuat oleh aplikasi yang ada dalam computer.
Prinsip & Unsur Desain Grafis
Prinsip
dari sebuah Desain Grafis memiliki :
- Kesederhanaan karena disarankan untuk menggunakan prinsip ini sangat dalam pekerjaan deasin
- Keseimbangan menggabungkan elemen yang digunakan dalam desain dengan bobot yang sama rata
- Kesatuan sama seperti kesimbangan yaitu menggabungkan semua elemen dalam desain agar menjadi satu
- Penekanan (aksentuasi) untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud.
- Irama (repetisi) selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama.
Unsur
dari sebuah Desain Grafis memiliki :
- Garis (Line) desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk
- Bentuk (Shape) adalah bentuk yang memiliki panjang , lebar, diameter. yaitu berupa bangun datar atau pun bangun ruang.
- Tekstur (Texture) adalah sebuah permukaan dari desain yang dinilai dengan cara di raba ataupun di lihat
- Ukuran (Size) merupakan unsur yang menilai bahwa desain itu besar ataupun kecil
- Warna (Color) unsur penting dalam sebuah desain,dikarenakan warna ini menampilkan identitas dari sebuah hasil maha karya
Perkembangan Desain Grafis diberbagai
Media
Perkembangan
Desain Grafis
Pada
awalnya, media desain grafis hanya terbatas pada media cetak (dua dimensi).
Namun, perkembangannya hingga saat ini semakin tidak terbendung, bahkan justru
merambah ke dunia multimedia (diantaranya audio dan video). desain grafis juga
diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain
interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring
perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi
sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Beberapa
Software Dalam Desain Grafis
Perkembangan
software tentunya akan menghasilkan gambar yang mempunyai nilai seni yang
tinggi. Hal ini tentunya tidak terlepas dari penggunaan software. Ada beberapa
software yang digunakan dalam hal desain grafis antara lain :
- Adobe Photoshop
- Adobe Illustrator
- Adobe After Effect
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Dll
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi
dalam Membuat Design Pemodelan Grafis
Pengaruh
Kebudayaan
Kebudayaan
sangat erat hubungannya dengan masyarakat karena kebudayaan merupaka sarana
hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Budaya
digunakan sebagai sumber pemikiran untuk mengambangkan suatu desain
grafis. Dalam pengaruhnya dibidang desain grafis dapat kita lihat dalam
pembuatan kerajinan daerah seperti batik.
Pengaruh
Teknologi
Dalam
hampir dua dekade ini teknologi komputer telah mempengaruhi perkembangan desain
secara umum, dan desain grafis secara khusus. Secara perlahan dan hampir tidak
terbatas, teknologi yang satu ini mendorong terjadinya banyak perubahan dalam
desain grafis. Bila Anda masih mempunyai majalah, kemasan produk, atau iklan
yang dikeluarkan sekitar enam puluhan, cobalah amati dan bandingkan dengan
produk sejenis yang keluar sekitar dua dasawarsa terakhir, Perubahan telah
terjadi di sana-sini. Sangat jarang kita temui iklan dengan gambar outline dan
back ground satau warna primer seperti yang sering muncul di iklan-iklan cetak
enam puluhan. Halaman-halamn majalah kini menjadi begitu berwarna dengan model,
warna-warna, komposisi yang terasa begitu nyata.
Desain Pemodelan Grafis dari Segi
Interaksi Manusia dan Komputer
Kemampuan
estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting
terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi
lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk
menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.
Jelasnya, tidak ada individu dapat diharapkan mempunyai pelatihan formal di
semua bidang tersebut, walaupun permintaan cukup tinggi untuk orang dengan
latar belakang multidisipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan beberapa
keahlian ilmu manusia.
Suatu
alternatif yang lebih realistis adalah untuk menuju ke suatu kesadaran akan
tingkat pemahaman menyeluruh dari subjek bidang-bidang yang relevan, mungkin
dikombinasikan dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih. Tingkat
kesadaran dari ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk insinyur dan ilmuwan
komputer, yang secara mendasar diharapkan mendesain antarmuka pengguna-sistem
sebagai bagian dari sistem proses desain secara menyeluruh.
Interaksi
computer dengan manusia atau dengan bahasa inggris dikenal dengan
“human-computer interaction / HCI” merupakan ilmu yang mempelajari hubungan
antara computer dengan manusia yang meliputi perancangan, evaluasi, dan juga
implementasi antar muka pengguna computer agar mudah digunakan oleh manusia.
Ilmu
ini berusaha untuk menemukan cara yang paling efektif untuk dapat merancang
pesan secara elektronik, sedangkan interaksi manusia da computer sendiri
merupakan serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia
untuk berinteraksi dengan computer yang keduanya saling memberikan masukan dan
umpan balik melewati sebuah antar muka untuk mendapatkan hasil akhir yang
diharapkan.
Tujuan
dari interaksi ini adalah agar memudahkan manusia dalam melakukan pengoperasian
terhadap computer dan memperoleh beberapa umpan balik yang mereka perlukan
selama mereka bekerja menggunakan computer dan juga mengharapkan agar system
computer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya
(user friendly. Kita membutuhkan interaksi tersebut agar kita bisa lebih cepat
untuk menyelesaikan suatu pekerjaan serta membuat waktu dalam prosesnya menjadi
lebih cepat dan juga itu akan mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan.
Interaksi
bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer.
Model
atau jenis interaksi, antara lain :
Command
line interface (perintah baris tunggal)
contoh
: unix, linux, dos
Menu
(menu datar dan menu tarik)
contoh
: hampir semua software menggunakan menu
Natural
language (bahasa alami)
contoh
: bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)
Question/answer
and query dialogue
contoh
: mysql, dbase interaktif, dll
Form-fills
and spreadsheets
contoh
: excel, lotus, dll
WIMP
Windows
Icon Menu Pointer
Windows
Icon Mouse Pulldown Menu
yang
termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar