Pengertian Iklan Online
Iklan online atau Online
Advertising adalah: Info atau pesan yang disampaikan kepada khalayak umum
dengan tujuan untuk mengenalkan, Mengajak, Membujuk agar khalayak umum atau
Masyarakat ikut pada suatu ajakan tertentu yang terpasang dan bisa terlihat
pada jaringan internet. Info atau pesan bisa berupa produk, Perusahaan atau
gagasan.
Secara garis besar,
Pengertian iklan online atau online advertising dengan iklan konvensional yang
kita kenal selama ini hampir sama. Yang jadi pertanyaan, Apa beda Iklan online
dengan iklan non online (iklan secara umum) Yang selama ini kita kenal?, Yang
jelas karena adanya jaringan internet untuk iklan online. Untuk menyegarkan
pemahaman kita terhadap definisi iklan, Saudara bisa baca artikel definisi
iklan dibawah ini;
Jenis-Jenis Iklan
Online
Iklan di dunia online hampir
mirip dengan iklan di dunia nyata. Ada iklan baris di suratkabar, iklan video
di televisi, iklan suara di radio. Begitu juga di dunia online atau internet.
Ada iklan berupa beberapa baris tulisan yang disertai linknya, ada iklan berupa
gambar, ada iklan video. Tapi bukan itu yang akan dijabarkan di sini. Kita
hanya akan membahas beberapa bentuk bayaran yang ditawarkan oleh
program-program di internet untuk setiap iklan mereka yang anda pasang di blog
anda.
• CPC (Cost Per Click)
Jenis iklan seperti ini
adalah iklan yang menghitung bayaran untuk setiap klik yang didapatkan. Anda
sebagai pemilik blog, akan mendapatkan imbalan untuk setiap klik terhadap iklan
tersebut yang dilakukan oleh pengunjung blog anda.
• CPM (M di belakangnya
adalah angka Romawi untuk seribu)
Iklan CPM disebut juga
Cost Per Impression. Anda akan mendapatkan imbalan jika iklan yang dipasang
sudah mendapatkan 1000 pengunjung, atau dilihat sebanyak 1000 kali.
• CPA (Cost Per Action)
Ini jenis iklan yang
hanya akan memberikan imbalan untuk setiap tindakan yang dilakukan pengunjung
lewat link dari iklan yang dipasang di blog anda. Dengan kata lain, anda hanya
akan mendapatkan dolar ketika pengunjung blog anda meng-klik iklan tersebut,
kemudian mendaftar menjadi anggota atau membeli sesuatu pada perusahaan yang
anda pasang iklannya. Jika mereka hanya meng-klik atau melihat iklan tersebut,
itu tidak dihitung sebagai sebuah tambahan.
• Iklan berbasis waktu
Iklan jenis terakhir ini
akan memberikan imbalan pada anda untuk setiap kontrak iklan yang dipasang di
blog anda. Dengan kata lain, mereka akan membayar anda untuk menempatkan
iklannya di blog anda dalam jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar