Senin, 13 Juni 2016

Dampak Positif dan Negatif Sebuah Iklan Bagi Konsumen

Iklan adalah salah satu bentuk pengenalan suatu usaha ataupun produk ke masyarakat luas.  Tujuan utama dari iklan sendiri adalah tentu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan pastinya untuk meningkatkan nilai penjualan usaha ataupun produk tersebut. Dewasa ini sangat banyak sekali iklan-iklan yang sering kita temui, mulai dari iklan di media cetak seperti koran, majalah atau iklan di media elektronik semisal tv, radio, jaringan internet bahkan iklan secara langsung contohnya dengan menyebarkan brosur atau baliho. 

Dengan berbagai media iklan yang dapat digunakan sebagai media promosi produk atau usaha anda sebagai konsumen tentu dapat dengan mudah mengenali atau mencari produk yang diinginkan. Namun bagai koin yang mempunyai dua sisi, ternyata iklan memiliki dampak positif dan negatifnya loh…. Apa saja ya? Kita simak bersama

Dampak Positif Iklan

1.Iklan memberikan alternatif produk dan usaha bagi konsumen.

2.Iklan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau usaha tertentu.

3.Iklan berfungsi sebagai media perkenalan antara produk atau usaha terhadap konsumennya.

4.Iklan dapat memberikan penjelasan serta manfaat produk atau usaha tertentu

Dampak Negatif Iklan

1.Iklan secara tidak langsung dapat membuat orang membeli sesuatu yang sebetulnya tidak dinginkan atau butuhkan, sehingga mendorong perilaku hidup konsumtif atau boros.

2.Iklan mengakibatkan barang-barang menjadi lebih mahal karena adanya biaya promosi.

3.Adanya kesan yang diciptakan, bahwa semua produk yang diiklankan berkualitas baik dan sesuai dengan iklannya. 

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar