Iklan adalah salah satu bentuk pengenalan suatu usaha
ataupun produk ke masyarakat luas.
Tujuan utama dari iklan sendiri adalah tentu untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat dan pastinya untuk meningkatkan nilai penjualan usaha ataupun produk
tersebut. Dewasa ini sangat banyak sekali iklan-iklan yang sering kita temui,
mulai dari iklan di media cetak seperti koran, majalah atau iklan di media
elektronik semisal tv, radio, jaringan internet bahkan iklan secara langsung
contohnya dengan menyebarkan brosur atau baliho.
Dengan berbagai media iklan yang dapat digunakan
sebagai media promosi produk atau usaha anda sebagai konsumen tentu dapat
dengan mudah mengenali atau mencari produk yang diinginkan. Namun bagai koin
yang mempunyai dua sisi, ternyata iklan memiliki dampak positif dan negatifnya
loh…. Apa saja ya? Kita simak bersama
Dampak Positif Iklan
1.Iklan memberikan alternatif produk dan usaha bagi
konsumen.
2.Iklan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen
terhadap produk atau usaha tertentu.
3.Iklan berfungsi sebagai media perkenalan antara
produk atau usaha terhadap konsumennya.
4.Iklan dapat memberikan penjelasan serta manfaat
produk atau usaha tertentu
Dampak Negatif Iklan
1.Iklan secara tidak langsung dapat membuat orang
membeli sesuatu yang sebetulnya tidak dinginkan atau butuhkan, sehingga
mendorong perilaku hidup konsumtif atau boros.
2.Iklan mengakibatkan barang-barang menjadi lebih
mahal karena adanya biaya promosi.
3.Adanya kesan yang diciptakan, bahwa semua produk
yang diiklankan berkualitas baik dan sesuai dengan iklannya.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar